Minggu, 17 April 2011

Hari Bumi, Pasar Lematang Dibersihkan

Foto: Ariel/LAPOS
 POSE: Seluruh siswa SMAN 4 Lahat pose bersama Kepala UPTD Pasar Lematang Hairuludin saat menggelar kebersihan lingkungan di seputaran pasar dalam memperingati Hari Bumi, Sabtu (16/4).

 LAPOS, Lahat - Memperingati hari bumi dan lingkungan hidup Pasar Lematang Lahat dibersihkan. Hal ini dilakukan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 4 Lahat, Sabtu (16/4) pagi.
Dalam kegiatan tersebut, turut dihadiri Kepala UPTD Pasar Lematang Hairuludin yang menyambut positif pelaksanaan ini. Bahkan Haruludin mengatakan, dengan dibersihkanya kawasan Pasar Lematang Lahat oleh siswa SMA Negeri 4 Lahat bertujuan untuk menanamkan kepedulian para siswa akan lingkungan dan kebersihan diri sejak dini.
Dirinya menyatakan dukungan terhadap kegiatan semacam itu, agar masyarakat dan para siswa bisa peduli terhadap lingkungan dan kebersihan sejak dini. Selain itu untuk menciptakan masyarakat yang sehat dan cerdas.
“Tentunya saya sangat mendukung sekali kegiatan positif yang dilakukan oleh siswa SMAN 4 Lahat ini. Apalagi dengan memperingati Hari Bumi yang akan dilaksanakan pada 23 April mendatang, mereka (siswa, red) sudah menunjukan partisipasinya memelihara lingkungan, terutama di kawasan Pasar Lematang Lahat,” ucapnya.
Ditegaskan Hairuludin, pelaksanaan kebersihan yang dilakukan siswa ini, merupakan salah satu peran serta membantu pihak UPTD Pasar Lematang dan Pemerintah Kabupaten Lahat dalam meningkatkan kebersihan dan mensukseskan Adipura.
“Tentunya, dengan pembersihan sampah yang dilakukan oleh anak-anak ini, bisa membantu kita yang ada di kawasan Pasar Lematang Lahat. Dan juga peran siswa sangatlah besar sekali untuk mengalakan kebersihan di kawasan pasar ini,” tuturnya.
Ditambahkan lagi olehnya, untuk kedepannya tak hanya pihak SMA Negeri 4 saja yang berpartisipasi untuk membersihkan kawasan di Pasar Lematang Lahat, melainkan bisa dicontoh oleh sekolah lain yang ada di Kabupaten Lahat.
“Kita harapkan agar Pasar Lematang ini menjadi bersih dan enak untuk dipandang. Apalagi di lokasi pelataran depan pasar ini sudah kita buat khusus untuk parkir kendaraan roda dua. Tujuan kita membuat parkiran disana agar jalan utama bisa lancar dan tertib. Dan juga untuk kedepannya pula, hal yang sama juga kita tertibkan wilayah sisi kanan dan kiri Pasar Lematang, karena kita menginginkan supaya kondisi pasar ini menjadi lokasi yang teratur,” tambahnya.
Sementara Kepala SMAN 4 Lahat Drs Syafiral Syamsuar melalui Drs Sutristianto didampingi Laila mengatakan, tujuan siswa menggelar kebersihan diseputaran Pasar Lematang yakni untuk memperingati Hari Bumi. “Memang sih, perayaan hari bumi digelar pada 23 April, tetapi kita merayakan kegiatan ini dipercepat karena melihat tanggal tersebut siswa sudah libur, jadi kita lakukan pada hari ini,” ungkapnya.
Dikatakan lagi olehnya, kebersihan lingkungan di lokasi Pasar Lematang Lahat SMAN 4 Lahat mengerahkan sebanyak 59 siswa  “Kita mulai sekitar pukul 06.00 WIB. Dan kita lakukan dengan membersihkan sampah yang berada di kiri dan kanan pasar ini. Serta tak hanya itu saja depan pasar pun kita bersihkan juga,” ucapnya.
Ditambahkannya, tidak hanya melakukan kebersihan lingkungan Pasar Lematang saja, melainkan pihak sekolah juga memberikan sembako kepada petugas penyapu jalanan. “Kita memberikan ini hanya sekedar ala kadarnya saja. Dan juga kita tidak mengeluarkan dana, apalagi kegiatan ini sebagai bentuk sosial dari SMAN 4 Lahat,” pungkasnya kepada Lapos. (18)

1 komentar:

ECIZ RAY mengatakan...

Binis online yang berbeda dari bisnis online yang lain. Pertama di Indonesia dan terbukti membayar. Info selengkapnya klik http://www.penasaran.net/?ref=39g72y