Jumat, 15 April 2011

KT Lahat Gandeng PT BMIC

 * Kembangkan Potensi Wisata

Foto: Bernard/LAPOS
 TEMU: Pengurus Karang Taruna Kabupaten Lahat memberikan penjelasan kepada pihak PT BMIC, perihal rencana pengembangan potensi aset wisata yang ada di Kecamatan Merapi Selatan dan Barat, Kamis (14/4).

LAPOS, Kota Raya - Sebanyak 11 kepala desa (kades) tergabung di Kecamatan Merapi Selatan dan Barat serta pengurus Karang Taruna Kabupaten Lahat melakukan anjangsana ke PT Bunga Mas Internasional Company (PT BMIC), guna membahas dalam pengembangan potensi aset wisata yang ada di dua kecamatan tersebut.
    Ketua Karang Taruna Kabupaten Lahat Sanderson STPP mengatakan, anjangsana pengurus KT dan kades, tidak lain agar mereka mengetahui bahwasanya perusahan yang bergerak di bidang pengeboran minyak ini, bersungguh-sungguh dalam menggali potensi terkandung di alam Bumi Seganti Setungguan, terutama sekali potensi aset wisata.
    “Di Kabupaten Lahat sendiri, sebenarnya banyak potensi wisata yang ada, akan tetapi dengan keterbatasan dana, maka solusi yang tepat adalah, bekerjasama atau menggaet pihak ketiga, dalam hal ini PT BMIC,” katanya, Kamis (14/4).
    Disamping itu, dengan pertemuan ini, tentunya daerah memiliki objek wisata seperti air terjun maupun batuan peninggalan dahulu, dapat dikembangkan dan dikelola dengan baik, sehingga tentunya akan tumbuh roda perekonomian di kawasan itu.
    “Hal ini diperlukan sosialisasi kepada masyarakat di dua kecamatan tersebut, agar ketika dimulai pengembangannya, warga sekitar dapat ikut serta, dan juga pada akhirnya secara bersama-sama mengelolanya, dengan sasaran wisatawan baik dalam negeri bahkan  luar negeri dapat memanfaatkannya,” imbuh Sanderson kepada Lapos.
    Sanderson menambahkan, bagi desa yang memang tidak memiliki potensi objek wisata tersebut, tetap akan dilibatkan, dengan cara membantu areal yang ada, mungkin nantinya dapat menjajakan dagangan dan menawarkan kepada pelancong ingin mengenal dekat Kabupaten Lahat berikut sejarahnya.
    “Selain, air terjun tentunya Bukit Serelo menjadi andalan Lahat dapat dioptimalkan sebaik mungkin, sehingga tidak menutup kemungkinan pendapatan asli daerah (PAD) akan meningkat dengan sendirinya,” jelasnya lugas.
    Sementara itu, Manager Operasional PT BMIC Teguh Imanto menuturkan, pihaknya sangat merespon positif sekali dengan ide yang dicanangkan Karang Taruna ini. Hal ini juga datang dari kepala daerah, agar tidak hanya mengambil sumber daya alam (SDA) semata, melainkan melihat potensial lainnya, misalnya daerah wisata.
    “Saya lihat di Kabupaten Lahat sendiri, banyak sekali daerah yang memiliki potensi wisata yang baik dan memang membutuhkan sentuhan dari pihak ketiga, agar dapat mendatangkan pelancong dan mempromosikannya hingga ke luar negeri,” katanya. (13)



Tidak ada komentar: