Jumat, 15 April 2011

Petani Mulai Tanam Padi Serentak

Foto: Ariel/LAPOS
 TANAM: Memasuki musim selang, petani Desa Banjar Negara melakukan penanaman padi secara serentak, Jumat (15/4).

LAPOS, Lahat - Sejumlah petani di Kecamatan Lahat mulai menanam padi secara serentak karena curah hujan masih berlangsung selama beberapa hari terakhir di wilayah tersebut. “Petani disini sudah kembali menanam padi setelah musim panen raya bulan Februari lalu,” kata Daya (56), petani warga Desa Banjar Negara, Kecamatan Kota Lahat, Jumat (15/4).
Daya mengatakan, hektaran padi di persawahan Banjar Negari sudah ditebar, bahkan rata-rata usia padi antara 10 sampai 20 hari setelah tanam. Bahkan penanaman secara serentak yang dilakukan petani dengan memanfaatkan curah hujan cukup tinggi selama beberapa pekan terakhir.
Selama musim hujan petani menggarap lahan sawahnya karena kebanyakan areal persawahan di Kecamatan Lahat ini belum memiliki saluran irigasi. “Kami sejak turun-temurun tanam padi saat musim penghujan dan setiap tahun hanya dua kali masa panen. Apalagi sekarang lagi musim tanam padi selang,” ucap wanita yang sudah 30 tahun menekuni jadi petani ini.
Menurutnya, penanaman padi secara serentak sangat menguntungkan. Selain musim panenan bersamaan, penanaman serentak juga dapat mencegah penyebaran hama maupun penyakit tanaman padi.
Kemungkinan jika tanam padi pada April dipastikan musim panen akan terjadi awal Juni mendatang. “Kebanyakan petani di sini menanam benih padi unggul, selain mutunya cukup bagus juga memiliki nilai jual,” ujarnya.
Begitu pula, Dijah (50), petani Desa yang sama mengaku, dirinya sudah dua hari terakhir menanam padi karena setiap hari dilanda hujan hingga persawahan teraliri air. Areal persawahan di seberang Lahat ini merupakan sawah tadah hujan karena belum memiliki pengairan. “Kami menanam padi saat musim hujan saja. Pada musim kemarau, persawahan dibiarkan begitu saja,” ujarnya.
Terkait hal ini, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH) Kabupaten Lahat Edi Ishak SP melalui Kabid Produksi Pertanian Amiruddin, mengimbau petani diminta melakukan gerakan tanam padi serentak untuk mendongkrak produksi ketahanan pangan secara nasional. Penanaman serentak dapat menghindari serangan hama dan penyakit juga musim panenan padi bersamaan. “Saya berharap petani sudah melakukan gerakan tanam padi secara serentak," imbaunya. (18)




1 komentar:

ECIZ RAY mengatakan...

Kerja Part time 1-2 jam perhari, gaji puluhan juta rupiah. Hanya ada di bisnis ODAP terbukti membayar dan bukan penipuan. http://www.penasaran.net/?ref=39g72y